• 1
  • 2
  • 3

Aplikasi text editor yang banyak di gunakan oleh programmer

Kategori :  Berita  -  Ditulis pada : 2018-01-17 16:30:59  -  Oleh : Aziz muslim

Aplikasi text editor yang banyak di gunakan oleh programmer
Share Button


   Aplikasi text editor yang banyak di gunakan oleh programmer untuk men-desain web , membuat web , dan pembuatan aplikasi. namun kebanyakan programmer menggunakan aplikasi yang mudah di pakai dan cepat dalam pemrosesan nya, berikut adalah 5 aplikasi text editor yang paling sering digunakan oleh programmer :

 

1. Notepad++

   Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

    Notepad++ memiliki fitur syntax highlighting, syntax folding, user defined syntax highlighting and folding, perl compatible regular expression search/replace, customizable GUI, document map, auto-completion, multi-document, multi-view, WYSIWIG printing, zoom in and zoom out, multi-language
environment supported, bookmark, macro recording and playback, launch with different argument, multi-editing, column-mode editing, line number.

    Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 32 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool.

 

2. Sublime Text editor

    Sublime Text Editor adalah editor teks untuk berbagai bahasa pemograman termasuk pemograman PHP. Sublime Text Editor merupakan editor text lintas-platform dengan Python application programming interface (API). Sublime Text Editor juga mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup, dan fungsinya dapat ditambah dengan plugin, dan Sublime Text Editor tanpa lisensi perangkat lunak.
Sublime Text Editor pertama kali dirilis pada tanggal 18 januari 2008, dan sekarang versi Sublime Text Editor sudah mencapai versi 3 yang dirilis pada tanggal 29 januari 2013.
Sublime Text mendukung operation system seperti Linux, Mac Os X, dan juga windows. Sangat Banyak fitur yang tersedia pada Sublime Text Editor diantarnya minimap, membuka script secara side by side, bracket highlight sehingga tidak bingung mencari pasangannya, kode snippets, drag and drop direktori ke sidebar terasa mirip dengan TextMate untuk Mac OS.

3. Atom

    Atom adalah sebuah text editor yang memiliki lisensi open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file configurasinya. Atom ini mirip dengan salah satu text editor favorit saya yaitu Sublime Text, karena Atom ini memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom ini bersifat modular jadi klo kita butuh sebuah plugins tambahan kita bisa menginstall dan melakukan konfigurasi agar sesuai dengan harapan kita.
Salah satu keunggulan dari Atom Text Editor adalah tersedianya banyak plugins yang bisa membantu pekerjaan kita. Kita bisa melihat plugins yang paling banyak digunakan melalui halaman plugins yang terdapat pada Atom atau pada halaman daftar packages pada Atom.

4. Microsoft Visual Studio

    Microsoft Visual Studio by merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.
    Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).
    Visual Studio kini telah menginjak versi Visual Studio 9.0.21022.08, atau dikenal dengan sebutan Microsoft Visual Studio 2008 yang diluncurkan pada 19 November 2007, yang ditujukan untuk platform Microsoft .NET Framework 3.5. Versi sebelumnya, Visual Studio 2005 ditujukan untuk platform .NET Framework 2.0 dan 3.0. Visual Studio 2003 ditujukan untuk .NET Framework 1.1, dan Visual Studio 2002 ditujukan untuk .NET Framework 1.0. Versi-versi tersebut di atas kini dikenal dengan sebutan Visual Studio .NET, karena memang membutuhkan Microsoft .NET Framework. Sementara itu, sebelum muncul Visual Studio .NET, terdapat Microsoft Visual Studio 6.0 (VS1998)

 

5. Ultra Edit

    UltraEdit juga merupakan Aplikasi Text Editor yang sangat powerfull dan sangat populer, keunggulan dari UltraEdit yang berjalan di atas hampir semua sistem operasi seperti Linux, Max Os dan Windows membuat banyak dari programmer menggunakan sebagai text editor kesayangan mereka, beberapa keunggulan yang dimiliki UltraEdit seperti memiliki banyak fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan dalam menulis baris code diantaranya 64 bit file handling, unicode support, disk based text editing, large file handling, mulitiline find dan replace, spell checker, localization support, syntax highlighting, tag matching form XML and HTML, FTP client and browser, SSH/Telnet Window, XML Manager, function list, project / workspace support, environment selector, integrated scripting language, configurable keyboard mapping, column/block mode editing, hexadecimal editor, code completion, auto expanding with Smart Templates, auto-completion, HTML Toolbar, WebSearch Toolbar, file encryption / decryption, multibyte support, dan masih banyak fitur-fitur andalan yang sudah disediakan oleh pengembang UltraEdit.